Pages

Senin, 30 Juli 2012

Tips Sebelum Naik Kendaraan Umum

   Buat temen-temen yang punya kegiatan jauh dari rumah, kost an(karena anak kost, hehe) dan mengharuskan naik kendaraan umum baik itu bus, angkot, kereta atau taxi sekalipun sebaiknya mempersiapkan dulu, kalau mempersiapkan apa-apa yang harus dibawa rasanya udah pada jago, tapi gimana mempersiapkan hal-hal kecil yang justru kadang lupa kita perhatikan seperti tetap menjaga kondisi badan rasanya masih banyak yang suka menyepelekan. Padahal secara kita gak sadar, itulah hal terpenting sebelum bepergian.
   Buat kita yang tinggal di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan daerah-daerah yang terkenal rawan macet lainnya, sebaiknya kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara menciptakan perjalanan yang kondusif, supaya tetep savety dan tetep semangat sampai tempat tujuan. Enggak mau dong, waktu keluar rumah wajah kita segar, tapi begitu sampai tempat tujuan jadi lesu, pucat . :)
   Ada sedikit tips nih, semoga bermanfaat yaa :D

1.   Cari tahu rute yang akan kita tempuh 
      Sebelum kita memulai perjalanan kita harus tahu dimana daerah atau tempat yang akan kita tuju, jika tempat yang kita tuju adalah daerah baru untuk kita, cari tahu dengan angkutan umum/bus apa kita bisa sampai sehari atau dua hari sebelum pergi. Ini penting karena jika kita bepergian namun tidak tahu arah dan tempat tujuan akan memakan banyak waktu, tenaga dan tentunya akan semakin banyak biaya yang keluar.

2.   Jam berangkat
      Buat kita yang tinggal di daerah jabodetabek, memperhatikan jam berangkat harus sangat di perhatikan. jangan sampai kegiatan/acara kita batal hanya karena kita kurang bisa memprediksi waktu keberangkatan. Kita juga sebaiknya cari tahu kapan jam-jam sibuk, karena terjebak dalam kemacetan adalah sesuatu yang paling menjengkelkan dan tentunya bisa merubah goodmood menjadi badmood . :)
3.   Fisik
      Setelah urusan dan masalah waktu selesai yang perlu diperhatikan adalah kondisi tubuh kita sebelum bepergian. Kegiatan yang padat, jalanan yang macet di sana-sini membutuhkan tubuh yang kuat. Belum lagi jika kita naik kendaraan umum yang sesak dan penuh orang banyak. Sebelum bepergian, sempatkanlah mengisi perut dengan makanan yang sehat dan bergizi agar perut tidak kosong, buat yang suka mabok perjalanan siapkan obat atau permen untuk menghilangkan rasa mual, pusing dan anti mabok tentunya. Jangan sampai hal kecil seperti ini membuat perjalanan kita menjadi tidak menyenangkan.
4.   Jangan sampai salah memilih pakaian :D
      Pilihlah bahan yang menyerap keringat, hindari bahan yang ketat, panas, ribet, dan khususnya untuk kita kaum hawa, jangan memakai pakaian minim di dalam kendaraan umum. Itu dapat membahayakan dan merugikan diri kita sendiri. Pakailah alas kaki yang nyaman, hindari pemakaian higheels yaa, kadang masih ada aja yang nekat :)
5.    Perfume?
       Menjaga penampilan rasanya memang nomor satu, tapi buat teman-teman yang bepergian menggunakan kendaraan umum, sebaiknya jangan terlalu berlebihan menyemprotkan wangi-wangian ke tubuh kita. Karena saat dalam kendaraan umum yang sesak wangi dan bau-bau yang lain bisa mencampur menjadi bau yang kurang sedap. Parfum yang terlalu menyengat bisa mengganggu orang lain. Bagaimana kalau orang di sebelah kita jadi megap-megap sesak napas mencium parfum yang kita pakai.
6.   Baca Doa
      Kayanya buat tips yang terakhir ini emang kebanyakan masih banyak yang suka lupa. Ini yang paling utama. Semoga dalam perjalanan kita tetap selalu di lindungi dan diberikan keselamatan.
" Bismillahi majreeha wa mursaha la haula wala quwwata illa billah "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar